Bupati Kasmarni Harap Pembangunan Jembatan Penghubung Pulau Sumatera dengan Pulau Bengkalis Segera Terwujud

Bupati Kasmarni Harap Pembangunan Jembatan Penghubung Pulau Sumatera dengan Pulau Bengkalis Segera Terwujud
Rabu, 24 April 2024 10:40 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — "Malam tujuh likur hidupkan pelita, Menambah semarak di hari nan Fitri, Tangan diulur maaf dipinta, Bersama kita memperkuat silaturahmi." Bait pantun di atas dibacakan Bupati Bengkalis, Kasmarni di akhir sambutannya saat hadir dalam acara Halalbihalal Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, Senin 13 Syawal 1445 Hijriah/22 April 2024 Masehi malam.

Sebelumnya Bupati Kasmarni menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrat yang bakal menduduki kursi legislatif Provinsi Riau periode 2024-2029 kepada Nur Azmi Hasyim, dan caleg terpilih DPRD Kabupaten Bengkalis Boby Kurniawan dan Tairan.

"Ini sesuai komitmen awal kami untuk memberikan kader-kader terbaik kami untuk Partai Demokrat karena waktu pencalonan kami dahulu di periode sebelumnya, Partai Demokrat termasuk salah satu partai pengusung untuk kami maju sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati Bengkalis walaupun merupakan partai terakhir sekali. Tetapi pada awal periode kedua ini, Bung Azmi (Nur Azmi Hasyim), cerdik die adinda ni, die yang ngusulkan yang petame sehingga ini menjadi sorotan bagi kami. Terime kasih. Dan kami berharap, mudah-mudahan rekomendasi ni keluo yang petame juge daghi DPC (Partai Demokrat)," ucap Bupati Kasmarni dalam dialek bahasa Melayu Pesisirnya beriring tawa.

"Insya Allah, kite tetap bersinergi dalam membangun Kabupaten Bengkalis yang Bermasa (Bermarwah, Maju, dan Sejahtera) dan yang berkelanjutan. Partai Demokrat telah memantapkan langkahnya berada garis terdepan dalam memberikan dukungannya kepada kami pada pilkada (pemilihan kepala daerah) tahun 2024 dan Insya Allah, kami meyakini bahwasanya usulan yang telah diberikan merupakan sebuah motivasi bagi kami dan jugak merupakan sebuah penghargaan. Mudah-mudahan (partai) yang lain ikut, kan gitu! Insya Allah dalam waktu dekat (menyusul memberikan dukungan) PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), habis tu PAN (Partai Amanah Nasional), " ujar Bupati Kasmarni.

Diungkapkan Kasmarni, walau dalam masa sesingkat-singkatnya, banyak program yang telah ditunaikannya, misalnya saat kampanye periode pertama berharap rumah sakit dibangun.

"Saye tak yakin pade awalnye, dari mane duit nak bangun Rumah Sakit. Tapi, ketika Allah Swt berkehendak, Alhamdulillah tahun ketiga kami dapat bantuan dari dana alokasi khusus (DAK) pusat sehingge kite dapat membangun rumah sakit pratama di Pulau Rupat," beber Kasmarni seraya mengungkapkan satu kalimat motivasi baginya, kalau dah rezeki maka tak akan ke mana, dan rezeki itu tidak akan tertukar, semua berjalan dengan baik dan lancar berkat doa dan dukungan masyarakat kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kasmarni kembali dan sebelumnya telah berulang kali menyampaikan sebuah rencana besar antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau membangun jembatan penghubung antara Pulau Sumatera dengan Pulau Bengkalis yang digadang-gadang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan lintas dan luas bentangan sepanjang 6,1 kilometer.

Kasmarni tetap memohon dukungan dan sinergi dari Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Riau, seluruh Anggota DPRD Provinsi Riau, Fraksi Demokrat, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Bengkalis serta seluruh kader Partai Demokrat dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis.

"Kami berharap, pembangunan jembatan ini dapat segera kita wujudkan sesuai dengan rencana yang telah kami buat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau," harapnya. "Makan ketupat dibelah isinya Diiris tipis letakkan di atas meja Buat Partai Demokrat mohon dukungannya Karena kami maju sebagai Bakal Calon Bupati Bengkalis periode kedua."

Bait pantun di atas merupakan pantun kedua Kasmarni di akhir sambutannya. Sementara itu, sebelum sambutan Bupati Kasmarni, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, Nur Azmi Hasyim di antara bagian kata sambutannya pula mengatakan sesuai dengan Surat Edaran (SE) DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Demokrat Nomor 02 tanggal 2 April Tahun 2024 Perihal Penjaringan Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah Tahun 2024, maka DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis membuka penjaringan yang diketuai oleh Juanda dibantu kawan-kawan, pada 4 April 2024 sudah membuka pendaftaran dan berakhir pada 20 April 2024 mendatangi.

"Kawan-kawan bekerja berdasarkan yang pertama PO (Peraturan Organisasi) maupun Juklak (Petunjuk Pelaksanaan), Juknis (Petunjjk Teknis) dari DPP Partai Demokrat. Mungkin semua partai sama cuma Partai Demokrat, di DPC diberi kewenangan bahwa di huruf (c) poin 2, DPC dan DPD Partai Demokrat wajib mengajukan usulan calon kepala daerah/wakil kepala daerah ke DPP Partai Demokrat sesuai dengan tingkatannya yang memenuhi syarat administrasi dan kompetisi untuk mendapatkan penetapan,” katanya.

Kemudian, dia melanjutkan, di huruf (e) tepatnya di poin 2, DPC Partai Demokrat mengajukan usulan bakal calon bupati/wakil bupati atau calon wakil wali kota yang memenuhi syarat administrasi dan kompetensi kepada DPD Partai Demokrat. Selanjutnya DPD Partai Demokrat mengusulkan kepada Satgas Pilkada Partai Demokrat di DPP Partai Demokrat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Kemudian, di huruf (f) poin 4, penetapan calon kepala daerah/wakil kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Partai Demokrat dilakukan di dalam rapat DPP yang langsung dipimpin oleh Ketua Umum Partai Demokrat yaitu Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono).

Poin 6, terang Ketua DPC Partai Demokrat Nur Azmi Hasyim, keputusan calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang diusung atau yang didukung oleh Partai Demokrat berdasarkan atas pertimbangan yang salah satunya yaitu usulan dari DPC dan DPD Partai Demokrat.

"Alhamdulillah, Buk Kasmarni sudah mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati, Partai Demokrat DPC Kabupaten Bengkalis sudah melakukan verifikasi Alhamdulillah berkas lengkap. Kemudian pada 13 Agustus 2023 kami sudah melaksanakan Rapimcab (Rapat Pimpinan Cabang) yang memutuskan, mengajukan kembali Buk Kasmarni sebagai calon bupati dari Partai Demokrat. Yang ketiga, ini mengenai kinerja juga, sebagaimana kita ketahui bersama salah satu partai pengusung Buk Kasmarni (pasangan KBS Kasmarni-Bagus Santoso) tahun 2019 kemarin, kita Partai Demokrat ikut kampanye menyampaikan apa yang menjadi program prioritas beliau. Ada 8 Program Prioritas, Alhamdulillah, tidak bisa kita pungkiri dari banyaknya penghargaan yang didapatkan Buk Kasmarni, terbukti banyaknya Ketua-Ketua Partai mendukung beliau untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur Riau. Kemarin beliau (Kasmarni) sudah terbuka bahwa beliau tetap ingin melanjutkan periode kedua menjadi Bakal Calon Bupati Bengkalis," pungkas Nur Azmi Hasyim.

Nur Azmi Hasyim berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Riau. "Alhamdulillah, dari 11 orang yang maju dalam pemilihan umum legislatif, ada 8 orang dari Dapil (Daerah Pemilihan) 5 yang naik di legislatif Provinsi Riau. Semoga, kami bisa membawa pembangunan yang maksimal di Kabupaten Bengkalis. Semoga amanah yang diberikan, yang dipercayakan kepada kami, dapat kami laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," doa Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, Nur Azmi Hasyim.

Acara halalbihalal Keluarga Besar DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis juga dihadiri Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Irmi Syakip Arsalan, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Moris, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andres Wasono, dan kepala perangkat daerah Kabupaten Bengkalis.***

KETERANGAN GAMBAR:
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, Nur Azmi Hasyim saat diwawancarai wartawan, (Bawah) - Sebagian undangan yang hadir pada acara Halal Bihalal DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, Senin 13 Syawal 1445 H/22 April 2024 malam. (F-ISTIMEWA)

wwwwww