Home > Berita > Umum

128 Siswa dari 3 Jurusan di SMKN 3 Bengkalis Ikuti UKK

128 Siswa dari 3 Jurusan di SMKN 3 Bengkalis Ikuti UKK

Peserta UKK Jurusan TKJ, (Bawah) Peserta UKK Jurusan DPIB, Selasa (23/4/2024). (F-ISTIMEWA)

Rabu, 24 April 2024 11:07 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sebanyak 228 siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Bengkalis, Provinsi Riau Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai mengikuti Uji Kompetisi Keahlian (UKK), Selasa (23/4/2024). Ujian yang akan berlangsung mulai pukul 07.30 sampai 16.00 WIB selama tiga hari hingga 25 April mendatang ini, terdiri dari 70 siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) terbagi ke dalam 2 kelas.

Selanjutnya, 30 siswa Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan 28 siswa Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Peserta UKK sendiri diuji oleh 3 penguji internal merupakan guru sekolah ini, juga 3 penguji eksternal yang merupakan dosen di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terdiri dari Kasmawi MKom Jurusan TKJ, Ibnu Hajar,ST,MT Jurusan TBSM, dan Oni Febriani ST MT Jurusan DPIB.

Kemudian, 3 Penguji Internal terdiri dari All Azmy,SST Jurusan TKJ,.Asman,SST Jurusan TBSM, dan Abu Bakar STrT Jurusan DPIB. Masing-masing jurusan diuji satu orang penguji internal dan satu penguji eksternal. Penanggungjawab UKK SMKN 3 Bengkalis H Kusno melalui seorang panitia Zukri Hanafi SPd mengatakan, jauh-jauh hari, mereka (peserta UKK) sudah dipersiapkan karena ini bagian dari kelulusan mereka nantinya, bagian dari uji kualitas mereka.

”Sejak mereka masuk di semester II Kelas XII sudah dipersiapkan untuk menghadapi UKK hari ini yang merupakan bagian apa yang sudah mereka pelajari selama ini. Setiap guru membimbing langsung beberapa siswa," katanya kepada potretnews.com, Selasa (23/4/2024).

"Harapan kita, mereka lulusan dari SMKN 3 Bengkalis ini, siap bersaing untuk dunia luar karena kita tahu lapangan pekerjaan itu tidak hanya membutuhkan ilmu pendidikannya tetapi juga skillnya. Jadi, Uji Kompetisi Keahlian ini adalah salah satu ujian untuk membuktikan, menunjukkan bahwa mereka siap, mereka memiliki skill untuk di dunia luar nanti," harapnya pula.

Tanda Keluhan para peserta UKK, sebut Zukri akan diberikan Sertifikat Keahlian. ”Inilah yang membedakan mereka yang tamatan dari SMK (sekolah vokasi) dengan SMA," pungkasnya.
Pelaksanaan UKK di hari pertama menurut Zukri tidak menghadapi kendala karena sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

”Baik ruangan, perlengkapan, jaringan internet yang kebanyakan baru dibeli, maupun berhubungan dengan listrik karena kita sudah melaporkan ke PLN supaya tidak ada pemadaman," beber Zukri di akhir wawancara.

Pantauan wartawan media ini sekitar pukul 11.00 WIB di 2 ruang UKK yaitu Jurusan TKJ dan Jurusan DPIB, para peserta terlihat fresh mengerjakan ujian mereka.

Sementara itu Jurusan TBSM, peserta UKK sesi pagi telah keluar ruang, hanya Penguji Ibnu Hajar dan Asnan saja yang membicarakan tugas mereka sambil menunggu ketibaan peserta UKK sesi siang.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww