Home > Berita > Umum

Ketua KPU Indragiri Hilir Ajak Pantarlih Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu Sukseskan Pilkada 2024 dengan Semangat ”WARAS”

Ketua KPU Indragiri Hilir Ajak Pantarlih Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu Sukseskan Pilkada 2024 dengan Semangat ”WARAS”
Selasa, 25 Juni 2024 09:12 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa data pemilih yang akan digunakan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024 adalah data yang akurat dan valid.

Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugas ini, dibutuhkan komitmen, kejujuran, dan integritas yang tinggi.

”Saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan yang telah terpilih dan dilantik sebagai Pantarlih. Tugas yang diemban oleh rekan-rekan sekalian adalah tugas yang sangat mulia dan penting," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Syamsul pada acara pelantikan Pantarlih Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu, Senin (24/6/2024), di halaman kantor KPU.

Dalam kesempatan itu Syamsul mengingatkan, pemutakhiran data pemilih harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesionalisme. Untuk itu, rekan-rekan Pantarlih diharapkan untuk turun langsung ke lapangan, mendata setiap pemilih dengan cermat, serta memastikan bahwa tidak ada warga yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai pemilih.

”Ingatlah bahwa keberhasilan pemutakhiran data pemilih ini sangat menentukan suksesnya pelaksanaan pilkada secara keseluruhan," tambahnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam melaksanakan tugasnya, Pantarlih harus selalu menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independensi. Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau kelompok yang mempengaruhi kinerja rekan-rekan sekalian.

Syamsul menambahkan, semua harus bekerja untuk kepentingan bangsa dan negara, memastikan bahwa setiap warga negara yang memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih dan suaranya dihitung secara adil.

Dia juga mengharapkan agar para Pantarlih, sebelum turun ke lapangan agar terlebih dahulu berkoordinasi (sowan) dengan para ketua RT, RW, kepala dusun atau sebutan lainnya, serta mensosialisasikan maksud dan tujuan coklit kepada masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan coklit kiranya mempedomani tata cara sebagaimana materi yang diterima ketika Bimtek tadi.

Pada bagian akhir, Syamsul berharap agar semua rekan-rekan Pantarlih dapat bekerja sama dengan baik, menjalin koordinasi yang efektif dengan sesama Pantarlih di wilayah desa/kelurahan masing-masing, dengan PPS, serta pihak-pihak terkait lainnya.

”Mari kita bersama-sama menyukseskan pilkada ini dengan bekerja keras, jujur, dan penuh semangat sesuai dengan slogan Pilkada Inhil 2024 WARAS (bermarWAh, Rasional, Akuntabel dan Santun)," harapnya.***

Kategori : Umum, Inhil
wwwwww